Ditulis oleh Prince of Al Hambra disadur dari Kajian Spesial Idhul Adha Ust. Dr. Didik Hariyanto, Lc., M.P.I

Bagi kaum Adam jika dirinya mendambakan untuk dapat menjadi sosok ayah ataupun kepala keluarga yang mengagumkan, maka jawabannya belajar dari para kepala keluarga yang telah Allah angkat kisahnya dalam Al Qur’an. Ada banyak kisah-kisah keteladanan para ayah dalam Al Qur’an yang dapat kita tiru dan aplikasikan dalam rumah tangga.

Dari sekian banyak karakter dan peran seorang laki-laki dalam membina berumah tangga, maka wajib rasanya kita menyebut nama Nabi Ibrahim Alaihissalam sebagai seorang guru dalam berubah tangga karena memiliki banyak sekali kisah dan hikmah yang selalu menarik untuk dibahas, terutama bagi kita yang ingin meniru prestasi beliau sebagai seorang ayah & kepala keluarga.

.…. قَالَ إِنِّى جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا ۖ …..

Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia” (Al-Baqarah; 124)


Sudah menjadi solusi yang tepat bagi seluruh umat manusia jika ingin sukses dalam ilmu parenting, maka tirulah teladan Nabi Ibrahim yang keberhasilannya telah Allah sendiri yang tunjuk untuk dapat ditiru jika kita menginginkan hasil yang serupa dengan hasil Pendidikan yang Nabi Ibrahim ajarkan kepada seluruh keturunannya.

Ikuti Dan Simak Dalam: Kajian Parenting Spesial Idul Adha

Baca Juga: Pendaftaran PG TAUD Angkatan 15

Satu hal menarik dibalik keberhasilan beliau dalam hal kepengasuhan ialah karena beliau telah ditempa oleh Allah dengan perintah serta larangan yang telah Allah tetapkan, dan Nabi Ibrahim berhasil menjalankannya. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 124:

….. وَإِذِ ٱبْتَلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ رَبُّهُۥ بِكَلِمَٰتٍ فَأَتَمَّهُنَّ …..

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya

Mengulik makna dari كَلِمَٰتٍ yang memiliki arti sesuatu yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah ini ialah ujian dan tempaan-tempaan hidup yang telah dirasakan oleh Nabi Ibrahim di masa mudanya. Karena inilah yang menjadikan Nabi Ibrahim sukses dalam menjalankan perannya sebagai kepala keluarga dan juga ayah yang mengagumkan, serta setiap tingkah lakunya menjadi teladan bagi anggota keluarganya dan sebagai umat setelahnya. >>

Editor: Al.Choer

Artikel sebelumyaPendaftaran PG-TAUD Angkatan 15
Artikel berikutnyaBuah Mengingat Kematian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here