27 C
Indonesia
Rabu, November 18, 2020

MIMBAR (Membangun dan Memakmurkan Masjid) merupakan Yayasan di lingkungan ICWM yang mensinergikan kekuatan umat dalam membangun dan memakmurkan masjid. Keberadaan masjid bukan hanya untuk melakukan ibadah mahdhah saja. Lebih jauh dari
itu, masjid adalah pusat peradaban Islam. Masjid adalah wadah paling utama dalam penanaman, pembinaan dan peningkatan keimanan, karena Allah tidak menjadikan tempat lain semulia masjid.

Bahkan Allah menegaskan masjid itu adalah rumah-Nya di muka bumi: “ Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia”. , (QS. Al-Imran:96). Saking urgentnya eksistensi masjid, maka Allah mencontohkan pembangunan peradaban di muka bumi melalui pembangunan Baitullah di Mekah.

MIMBAR bukan sekedar membangun masjid, tetapi juga membangun SDM imam dan ta’mir masjid. Agar keberadaan masjid bisa dikelola secara professional dan kemanfaatannya bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

VISI
Membangun peradaban Islam dan meraih kejayaan Islam melalui masjid sebagai sentral kegiatan ibadah, pendidikan, sosial dan ekonomi.

MISI
– Membangun masjid di seluruh wilayah Indonesia disesuaikan dengan kondisi geografis dan kepentinngan masyarakat.
– Menyalurkan dana wakaf, Infak dan sedekah untuk pembangunan masjid.
– Membentuk Kader imam dan da’i melalui program pendidikan Imam Sahabat Qur’an (Imam Saqu)
– Mensuply SDM imam dan da’i untuk kebutuhan pemberdayaan masjid
– Membentuk kader mualimah atau ustadzah melalui Program Pendidikan Tahfizh Anak Usia Dini untuk kebutuhan pemberdayaan anak usia dini di lingkungan masjid.
– Menjadikan masjid sebagai pusat pembinaan umat