wadimubarak.com Selasa, 28 Januari 2020. Syaikh Isa bin Muhammad bin Isa Al Masmali. Demikian nama beliau, Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin Universitas Ummul Qura yang beberapa hari ini sedang mengunjungi STIU WM. Selasa kemarin, beliau meluangkan waktu bercengkerama dengan para mahasiswa.

Syaikh Isa, yang juga merupakan salah seorang pembina Raabitahh Al Ulama wad Du’at Asia Tenggara, bukan orang asing bagi keluarga besar Wadi Mubarak.

Ustadz Suaidi, Mudir STIU Wadi Mubarak memperkenalkan beliau kepada para mahasiswa sebagai “Bapak Kita”. Bagaimana tidak, setiap kali asatidz atau mahasiswa maupun alumni berumrah, Syaikh senantiasa membukakan pintu rumahnya untuk dikunjungi.

Malam itu Syaikh Isa berbagi ilmu tentang makna hidayah. _Ihdinash shiraathal mustaqiim_. Apa itu hidayah?

Hidayah itu milik Allah. Hak prerogatif Allah. Allah memberikan hidayah kepada hamba yang dikehendakiNya melalui sesuatu sebab. Allah yang paling tahu sebab apa yang membuat seseorang memeroleh hidayahNya.

Syaikh ditanya, “kenapa Kita setiap shalat selalu meminta hidayahNya?”

Beliau menjawab, “pertama, agar kita mendapat keistiqamahan dalam menggenggam hidayah tersebut. Kedua, agar hidayah senantiasa kita dapatkan di setiap aspek kehidupan kita, terutama dalam aspek ibadah.”

Syaikh Isa Al Masmali adalah salah satu akademisi Timur Tengah yang sering berkunjung ke kampus STIU Wadi Mubarak Bogor. Bukan hanya itu, 2 putra dan 1 keponakannya bahkan mengkhatamkan hafalan Al Qur’an di Wadi Mubarak.

Sepertinya Kabupaten Bogor, khususnya daerah Megendung tempat Wadi Mubarak berada mendapat tempat istimewa di hati Syaikh. Beberapa hari ini beliau sengaja berkunjung sembari mengerjakan tugas menulis dalam rangka meraih gelar profesor.

Semoga Allah selalu menjaga beliau, keluarganya. Juga Kita. Semoga senantiasa dalam hidayah Allah subhaanahu wa ta’ala.

(Ramadhan, Mahasiswa smt III STIUWM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here