Allah Ta’ala telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an karena bahasa Arab adalah bahasa terbaik yang pernah ada. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf [12]: 2)

Ibnu Katsir rahimahullah berkata ketika menjelaskan ayat di atas, ”Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak pengungkapan makna yang dapat menenangkan jiwa. Oleh karena itu, kitab yang paling mulia ini (yaitu Al-Qur’an) diturunkan dengan bahasa yang paling mulia (yaitu bahasa Arab).”

Dalam rangka meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa, Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak pun membuat program rutin harian, yaitu program khutbah singkat berbahasa Arab yang diadakan setiap bakda dzuhur. Dibawah bimbingan Ustadz Muhammad Qudwah, Lc sekaligus kepala program bahasa Arab, kegiatan ini diikuti semua mahasiswa STIU WM.

Selain melatih kecakapan para mahasiswa dalam berbahasa arab, program ini juga melatih mental para mahasiswa untuk berorasi, serta mengasah bakat dan potensi mahasiswa dalam berbicara di depan umum.

Secara rutin bagian bahasa memberikan apresiasi kepada mahasiswa-mahasiswa terbaik yang mendapatkan nilai tertinggi dari dewan penilai. Harapannya agar mahasiswa termotivasi dan lebih semangat lagi berbahasa Arab disetiap kegiatan sehari hari. (ramadhan-mushaf)

Editor: AlChoer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here