Dibawah ini, kami paparkan beberapa kisah seorang ibu yang sukses menjadi madrasah pertama hingga lahir darinya
generasi sholeh dan sholehah yang tercatat dalam tinta emas sejarah.

Pertama: Khadijah binti Khuwailid, sosok yang sangat dicintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam karena jasa dan perjuangannya yang begitu besar dalam masa awal dakwah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, darinya pula lahir generasi yang sholeh dan sholehah, diantaranya Fathimah radhiallahu ‘anha yang menjadi penghulu wanita surga.

Kedua, Sahabiah Shofiyyah binti Abdul Mutthalib yang lahir dari rahimnya Sahabat Zubair bin Awwam yang menjadi sahabat diantara sepuluh sahabat yang dikabarkan masuk surga oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang dijuluki dengan hawari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Shofiyyah merupakan bibi Rasulullah, sosok sahabiah yang pemberani.

Ketiga, Asma binti Abu Bakar, seorang sahabiah yang agung istri dari Zubair bin Awwam yang lahir darinya generasi yang membanggakan ummat Islam, yaitu Abdullah bin Zubair dan Urwah Bin Zubair.

Keempat, Laila Ummu ‘Ashim, sosok ibu yang sholehah yang mungkin kurang terkenal tentang sejarahnya, tetapi ia adalah sosok yang lahir dari wanita agung penuh iman dan taqwa yang mampu menggetarkan keimanan khalifah
Umar bin Khatthab saat sedang melakukan blusukan hingga ia pun menawarkan kepada putranya agar menikahinya, darinya kelak, lahir sosok yang agung pula, yang sejarahnya tercatat sebagai khalifah terbaik setelah khulafaaurrasyidin, dialah Umar bin Abdul Aziz.

Kelima, Ra’ha, mungkin banyak kaum muslimin yang tidak mengenal sosok agung ini, akan tetapi darinya lahir sosok pemimpin yang ditakuti eropa, sosok yang mampu menghadirkan peradaban dalam berabad-abad lamanya di Andalus, ia adalah Abdurrahman Addakhil, sang pendiri dan pelopor dinasti Umayyah di bumi Andalus yang jasanya masih bisa dirasakan sampai saat ini, padahal ia lahir dalam keadaan yatim, akan tetapi dengan ketaqwaan dan kesholehan ibunya yang mampu menjadi madrasah pertama baginya menjadikan anaknya sebagai sosok yang agung dalam sejarah Islam.

Keenam, Fathimah binti Ubaidillah Azdiah, begitu pula mungkin jarang kaum muslimin mengenal sosok wanita ini, akan tetapi bila disebutkan nama anaknya pastilah semua ummat Islam mengenalnya, dialah Imam Syafi’I, salah satu imam yang pemikirannya diakui menjadi madzhab oleh mayoritas ummat Islam. Terlalu besar dan luas bila mau membahas tentang riwayat Imam Syafi’I karena kemasyhuran namanya sudah menjadi isyarat akan keagungan ilmunya, akan tetapi tidak akan ada Imam Syafi’I bila peran ibunya dinafikan, jasa dan peran ibunyalah yang menjadi sebab dari semuanya setelah kuasa Allah.

Tentunya banyak sosok ibu agung yang sukses menjadi madrasah bagi anak-anaknya yang jasanya telah tertulis dengan tinta emas sampai saat ini. Begitu banyak ulama yang lahir dari didikan ibunya walau ia terlahir dalam keadaan yatim. Beberapa kisah diatas hanyalah sedikit diantara contoh-contoh kesuksesan ibu dalam mendidik anaknya hingga meraih kemuliaan dunia akhirat. Karena sosok ibu memang kadang banyak terlupakan dalam sejarah, akan tetapi satu kalimat yang agung bahwa dibalik kesuksesan seseorang ada sosok ibu yang senantiasa mandidik dan mendoakan dengan penuh keikhlasan. Wallahu a’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here