Shalat Subuh merupakan salah satu sholat dari lima waktu yang telah diwajibkan Allah kepada umat Islam. Tidak ada perselisihan umat mengenai kewajiban ini. Dilakukan pada saat fajar sampai menjelang matahari terbit sebanyak 2 (dua) rakaat dan lebih utama adalah dilakukan berjamaah di masjid.

Banyak umat Islam tetap menjaga sholat 5 waktu namun tidak sedikit yang meremehkan pelaksanaan sholat subuh berjamaah di masjid. Bahkan ada yang meremehkannya hingga melaksanakan sholat subuh setelah terbit matahari atau melaksanakannya saat akan berangkat kerja atau beraktifitas lainnya seperti ke sekolah.

Allah mendudukan shalat shubuh dengan kedudukan yang lebih besar di banding ke-empat shalat lainnya. Yaitu dari segi pahala yang ditingkatkan lebih besar bagi yang melaksanakannya.

Baca Juga 3 (tiga) Nasihat Mengisi Bulan Rajab

Salah satu penyebabnya adalah waktu yang sangat sedikit dan saat suasana masih gelap malam. Saat ini adalah saat yang ternikmat untuk tetap istirahat dan tidur. Terutama saat cuaca dingin menjadikan rasa malas akan bertambah dan menjadikan tidur berselimut semakin menggoda.

Dalam adzan subuh, ada penambahan kalimat: “Ash-Sholatu khoirun min al-naum” Sholat itu lebih baik dari pada tidur, menjadikannya penyebab perbedaan antara kebanyakan manusia. Dan merupakan ujian keimanan. Maka barangsiapa yang lulus ujian ini akan diberikan hadiah yang besar di dunia dan di akhirat.

1. Mendapatkan Cahaya yang sempurna di Hari Kiamat

Allah mengganjar mereka yang berjalan dalam kegelapan untuk shalat dengan cahaya yang akan mereka temukan pada Hari Kebangkitan. Sabda Rasulullah ﷺ yang diriwayatkan oleh Buraidah Bin Hushaib Al-Aslami ra:

بشِّرِ المشَّائينَ في الظُّلَمِ إلى المساجِدِ بالنورِ التامِّ يومَ القيامَةِ

Berilah kabar gembira kepada para pejalan kaki di saat gelap gulita menuju masjid-masjid yaitu dengan (mendapatkan) cahaya yang sempurna kelak di hari kiamat
(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

Simak Qur’anic Parenting Memahami Perubahan Sikap Anak

2. Mendapatkan Penjagaan Allah swt:

Dalam sahih Muslim yang diriwayatkan oleh Jundub bin Abdillah ra, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

…. مَن صَلَّى الصُّبْحَ فَهو في ذِمَّةِ اللهِ

“Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah…”
(HR. Muslim)

3. Disaksikan para malaikat

Dari Abu Hurairoh ra, bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda:

يتعاقبون فيكم ملائكةٌ بالليلِ، وملائكةٌ بالنهارِ، ويجتمعون في صلاة الفجرِ، وصلاةِ العصرِ . ثم يعرج الذين باتوا فيكم، فيسألهم وهو أعلم بهم، كيف تركتُم عبادي ؟ فيقولون : تركناهم وهم يصلون، وأتيناهم وهم يصلونَ

Di antara kalian ada malaikat yang bergantian pada waktu malam dan siang, mereka berkumpul ketika sholat fajar (Subuh) dan sholat Ashar.” Lantas malaikat malam naik dan Tuhan mereka menanyai mereka (meskipun Allah paling tahu terhadap mereka): “Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?”. Jawab para malaikat, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami datangi mereka juga dalam keadaan sholat.
(HR. Bukhori dan Muslim)

Alangkah indahnya kesaksian para malaikat ini. Kesaksian di hadapan Allah atas mereka yang menjaga shalat di dua pergantian waktu.

Baca Juga Bercanda Tapi Bohong, Hati-Hati!

4. Ayat Al-Qur’an Yang Dibaca saat Shalat Subuh menjadi saksi

Allah berfiman:

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya Al-Qur’an (yang dibacakan) saat shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)
(QS. Al-Isra’ 78)

5. Jalan Masuk Surga

Mendirikan shalat subuh berjamaah tepat waktu disertai shalat ashar tepat waktu adalah salah satu alasan dimasukan ke dalam surga. Sabda Rasulullah ﷺ yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-‘Asy’ari ra:

مَن صَلَّى البَرْدَيْنِ دَخَلَ الجَنَّةَ

Barangsiapa shalat dua bardain (subuh dan ashar) akan masuk surga
(HR. Bukhori, Muslim)

Dan dalam Sahih Muslim juga disebutkan, sabda Rasulullah ﷺ yang diriwayatkan ‘Umarah bin Ruwaibah ra:

لن يَلِجَ النارَ أحَدٌ صَلَّى قبْلَ طُلوعِ الشمسِ وقبْلَ غُروبِها

Tidak masuk neraka orang yang mendirikan shalat sebelum matahari terbit (subuh) dan terbenam (‘ashar)

Bersambung Bag. 2 Menjadi Sebab Dapat Melihat Wajah Mulia Allah di Surga

🏆 Informasi Pendaftaran Santri Baru👇
Informasi Pendaftaran Islamic Center Wadi Mubarak Tahun 2022-2023

Advertisement
Artikulli paraprakPaket Umrah Berkah
Artikulli tjetër9 (Sembilan) Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah (Bag. 2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini