Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (BEM STIQ) Zad Cianjur menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertemakan “Solusi Qurani Dalam Menghadapi Resesi Ekonomi 2023” pada Ahad pagi, 20/11/2022.

Seminar ini bertempat di Auditorium STIQ Zad Cianjur. Turut mengundang perwakilan perguruan tinggi dan perwakilan BEM dari perguruan tinggi lainnya dari sekitaran Cianjur-Bogor.

Ja’far Abdurrahman, ketua BEM STIU WM hadir memenuhi undangan didampingi Ketua Pengasuhan Ikhwan Ustadz Muhammad Aufa, S.Ag.

Seminar ini menghadirkan dua orang narsumber yang luar biasa. Narasumber pertama adalah Dr. Hendri Tanjung, MBA., Ph.D., merupakan Komisioner Badan Wakaf Indonesia sekaligus Dosen Prodi Ekonomi Islam di Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Beliau menyampaikan materi mengenai solusi menghadapi resesi ekonomi dengan menggunakan pendekatan ekonomi islam.

Pembicara kedua adalah Adha Saputra, Lc., M.E., merupakan Ketua STIQ Zad Al-Insaniyyah Cianjur dan Alumni dari Pascasarjana Ekonomi Islam Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Beliau menggunakan pendekatan tafsir ekonomi dalam memaparkan materinya.

Dalam penjelasannya, Dr. Hendri banyak menyinggung mengenai masalah ekonomi yang tengah terjadi di Indonesia maupun mancanegara. Masalah resesi yang tengah menghantui banyak negara termasuk Indonesia sedang menjadi topik perbincangan yang hangat.

Dimulai sejak wabah Covid-19 melanda hampir seluruh dunia, hingga kini, seluruh negara masih berfokus dalam pemulihan ekonomi masing-masing, terlebih dengan perkembangan kasus Covid-19 yang masih naik turun.

Baca Juga: 
Prof Rasjid Soeparwata Isi Kuliah Umum STIU Wadi Mubarak
 Prof. Sahya Anggara Isi Kuliah Umum: Tantangan Dakwah Sarjana Muslim Di Era Society 5.0
 12 Mahasiswa STIU-WM Dianugerahi Sanad Qira’ah
 Tutup Daurah Huffazhul Wahyain; 3 (Tiga) Mahasiswa STIU-WM Dapatkan Umroh Gratis

Di tengah transisi yang masih berlangsung, International Monetary Fund (IMF) memprediksikan bahwa Indonesia akan mengalami resesi ekonomi pada tahun 2023 mendatang, sebagaimana yang telah dialami beberapa negara eropa akhir-akhir ini.

Kembali kepada Al Qur’an merupakan solusi terbaik untuk menghadapi segala problematika. Sumber dan penyelesaian masalah yang konkrit sudah Allah jelaskan di dalamnya. Karena sang pencipta lah yang paling mengetahui apa yang terbaik bagi para hambanya.

Dilanjutkan dengan pemateri kedua yaitu Adha Saputra, Lc., M.E. yang menjelaskan tentang sejarah munculnya resesi ekonomi, dari awal munculnya hingga resesi yang sedang dihadapi di masa kini.

Seminar Nasional yang diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) oleh BEM STIQ Zad Cianjur dihadiri oleh lebih dari 500 orang. Para peserta terlihat sangat antuisias mendengarkan setiap materi yang disampaikan oleh narasumber. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya pada sesi tanya jawab.

Penulis: Muhammad Aufa/Mushaf STIU-WM

Advertisement
Artikulli paraprakProf. Rasjid Soeparwata Isi Kuliah Umum STIU Wadi Mubarak
Artikulli tjetërMARI BERGANDENGAN TANGAN UNTUK SAUDARA KITA DI CIANJUR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini