Program KKN Perdana STIU Wadi Mubarak Bogor

Seminggu lalu terlaksana salah satu kegiatan penting dalam kegiatan penyelenggaraan pendidikan tinggi STIU Wadi Mubarak Bogor. Sebanyak 70 mahasiswa/i baru saja secara resmi dilepas untuk menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat melalu pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Selain penting sebagai bagian dalam tridharma perguruan tinggi, KKN ini juga bersejarah karena menjadi pengalaman pertama bagi sekolah tinggi ini.

Sebanyak 9 kegiatan KKN diluncurkan kampus yang secara umum terdiri dari 3 program besar yaitu program pelayanan kepada masyarakat, program peningkatan kepada masyarakat dan program pengayaan sumber belajar.

9 kegiatan utama tadi terdiri dari kegiatan alih aksara naskah klasik tafsir nusantara, kegiatan Tahsin Online, kegiatan Daurah Syarah Matan Tuhfatul Athfaal, Daurah Syarah Matan Jazariyah, Webinar Tafsir Tematik, Input Bibliografi Koleksi Perpustakaan, Pembuatan Poster Dakwah Al-Quran, Pembuatan Artikel Populer Tematik dan Kajian Wali Santri Sekolah Al-Quran. Hampir seluruh kegiatan dilaksanakan secara online mengingat suasana pandemi yang masih belum berakhir.

Baca: UIKA Bogor Dan STIU Wadi Mubarak Jalin Kerjasama

9 kegiatan tadi dikaitan dengan bidang ilmu yang diselenggarakan oleh STIU Wadi Mubarak yaitu Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir. Sasaran program terdiri dari ratusan masyarakat umum, guru-guru Al-Quran dan lembaga-lembaga pendidikan Al-Quran se-Indonesia.

KKN perdana STIU Wadi Mubarak Bogor dilakukan bekerjasama dengan salah satu yayasan pendidikan Al-Quran yang memiliki ratusan cabang sekolah Al-Quran, yakni Yayasan Sahabat Al-Quran (YASAQU). Sebanyak 70 mahasiswa ditugaskan untuk melakukan berbagai kegiatan pelayanan dan pengembangan kapasistas bagi guru-guru Al-Quran YASAQU yang tersebar di seluruh Indonesia melalui berbagai kegiatan daring.

Semoga, kegiatan KKN perdana ini mampu meningkatkan peran dan fungsi sekolah tinggi sebagai abdi masyarakat serta sebagai  institusi pengembangan ilmu pengetahuan. Semoga Allah senantiasa ridho, membimbing dan memudahkan kegiatannya. (ARH)

Editor: Ibn Al.Choer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here