Seorang muslim yang menginginkan kebahagian hidup wajib untuk berusaha mengenal dan dekat kepada Allah sehingga timbullah rasa cinta, pengagungan dan pemuliaan.

Mengapa harus diawali dengan mengenal Allah ? Sesungguhnya, semua masalah yang menerpa manusia, mulai dari ketidaktenangan hidup, resah, gelisah, stres, semua itu berakar dari kegagalan diri dalam mengenal Allah dengan baik dan benar.

Padahal jika mengenal Allah , hidup kita jauh lebih nyaman dan tenang. Ada juga kesedihan dan kegelisahan, namun, urusannya bukan urusan duniawi, tetapi karena takut tidak bisa dekat dengan Sang Maha Pencipta dan takut tidak mendapatkan ridhaNya.

Oleh karena itu, bersungguhlah untuk mengenal Allah , kesungguhan itu kita buktikan dengan menjadikan Allah sebagai nomor satu dan sebagai prioritas untuk kita kenal sebelum ataupun setelah mengenal mahlukNya. Jauhkan diri kita dari hal-hal tidak bermanfaat dan memalingkan kita dari mengingat Allah .

Baca juga: 40 Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an STIU Wadi Mubarak Diwisuda

Sebagaimana dalam hadist yang disampaikan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah   bersabda:

من حسنِ إسلامِ المَرءِ تركُه ما لا يعنيه

Salah satu kebaikan seorang muslim adalah meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi dirinya
(HR. At-Tirmidzi dan Ibn Hibban)

Ingat kepada Allah adalah hal paling utama dalam hidup, maka jangan menghabiskan kehidupan kita sepenuhnya terpaku pada hal-hal duniawi seperti: ingat uang, ingat gadget, ingat FB, medsos dan sejenisnya.

Saudaraku, bukankah hakikat hidup kita adalah untuk beribadah kepada Allah .

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan aku tidak menciptakan Jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.”
(Qs.Adz-Dzariyat:56).

Bagaimana kita bisa baik dan benar dalam ibadah jikalau kita tidak mengenalnya?

Simak: Seri Qur’anic Parenting: Rambu-Rambu Penting Dalam Mendidik Anak

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa semakin kenal dan dekat dengan Allah ?

Pertama, melalui doa, yaitu permintaan diri dengan sungguh-sungguh agar Allah berkenan menjadikan kita kenal kepadaNya. Doa adalah senjata orang-orang yang beriman. Dengan banyak berdoa, kita akan semakin mengenal Allah dan mengenal diri kita yang serba kekurangan tanpa pertolongan dariNya.

Kedua, dengan mencari ilmu tentang Allah . Ilmu akan menjadikan hidup kita terang benderang, maka seriuslah dalam mengkaji ilmu tentang Allah , hadiri majlis ilmu atau mencari guru yang kompeten dalam membimbing atau mengarahkan kita untuk sampai pada derajat ma’rifatullah.

Ketiga, berusaha mengamalkan ilmu yang sudah kita dapatkan. Sesederhana apapun ilmu yang kita miliki, tapi kalau diamalkan, Allah pasti akan terus menambahkannya.

Adapun yang keempat, adalah menjauhi aneka maksiat dan kesombongan. Maksiat sekecil apapun akan menjauhkan kita dari cahaya Allah , mengurangi kecerdasan dan menambah kemalasan untuk dekat denganNya. Demikian pula dengan kesombongan, dia akan menghalangi kita dari kebenaran.

Maka dari itu kunci kebahagiaan hidup yang hakiki adalah dengan mengenal Allah, apapun masalah yang kita hadapi mulai dari kesulitan rezeki maka Allah adalah jawabannya, “Ar-Razzaq” (Maha Pemberi Rezeki).

Ketika kesulitan belajar maka Allah jawabannya, “Al-‘Alim” (Maha Mengetahui), dan segala kehidupan apapun maka kita harus menggantungkan urusan kita kepada Allah .

Wallahu’alam

Penulis: Hafidz NZ
Editor: Al.Choer

Artikel sebelumyaDua Khutbah Sebelum Shalat Jum’at
Artikel berikutnyaPendaftaran Wisata Qur’an Wadi Mubarak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here