Pagi itu, suasana Ballroom penuh khidmat dan syahdu. Bukan saja lantaran balutan Jubah Kebesaran dan Toga hitam para wisudawan. Namun juga lantaran hafalan Al-Quran yang telah mereka miliki, dan bersambung kepada sanad Rasulullah SAW.

Masa 4 tahun belajar, segala peluh, lelah, dan kerja keras selama menempuh study, terasa terbayar, ketika akhirnya tibalah masa wisuda.

Selasa, 26/10/2021 bertempat di Ballroom Hotel Seruni Puncak Bogor, Jawa Barat. Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak (STIU WM) menggelar Wisuda Strasa 1 Perdananya.

Baca juga: Wisuda Perdana STIU Wadi Mubarak

Sebanyak 40 orang wisudawan/wisudawati didampingi para orangtua dan walinya mengikuti prosesi ini dengan khidmat.

Para wisudawan/wisudawati yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, telah menyelesaikan rangkaian pendidikan yang sangat ketat dan berat di Islamic Center Wadi Mubarak Megamendung Bogor Jawa Barat.

Demikian karena selain harus menyelesaikan agenda pendidikan Strata 1 di STIU WM, mereka pun harus menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz secara mutqin dan mahir berbahasa Arab.

Saksikan Live steaming: Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor 2021

Ketua Kopertais II Jawa Barat yang diwakili oleh Dr. Ramdhani Wahyu Sururie, dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang sangat membanggakan dengan dilaksanakannya Sidang Terbuka ini. “Prosesi wisuda ini menunjukkan bahwa STIU Wadi Mubarak merupakan kampus yang secara akademik mematuhi standart pendidikan nasional dalam rangka memenuhi kualitas kelulusan”

Tak lupa beliau pun mengingatkan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawab para wisudawan/wati setelah menyandang kesarjanaannya terlebih di era revolusi industri 4.0 yang menitik beratkan kemampuan sumber daya manusia pada Internet of Things (IOT).

Baca juga: UIKA Bogor dan STIU Wadi Mubarak Jalin Kerjasama

Anggota DPR/MPR RI, Drs H. Mulyadi, M.M.A., mewakili Wakil Ketua MPR RI H. Ahmad Muzani, S.Sos yang berhalangan hadir memberikan sambutan tentang pentingnya pengembangan 5C dalam dunia kerja, yaitu Character, Competence, Clear, Clean dan Chemistry.

Salah satu acara dalam Wisuda Perdana ini adalah sesi pengujian hafalan para wisudawan/wisudawati yang dipandu oleh Ketua Markaz Iqra’ wal Ijazah Bis Sanad Islamic Center Wadi Mubarak, yaitu: Al-Ustadz Al-Hafizh Irsyad Husnul Hidayat.

Beliau memberikan kesempatan kepada hadirin untuk menguji hafalan para wisudawan-wisudawati.

Hadirin yang sebagian besar adalah orangtua/ wali ini membacakan ayat Alquran dan boleh menunjuk dari para wisudawan/wati untuk melanjutkan bacaan Ayat Al-Qur’an tsb.

Masya Allah, Allahu Akbar, ternyata para wisudawan/wati yang melanjutkan bacaan ayat Al-Qur’an tersebut, bisa melanjutkan bacaannya dengan baik.

Baca Juga: STIU Wadi Mubarak Menggelar Kuliah Umum Bersama Wakil Ketua MPR RI

Sontak hal tersebut membuat seluruh hadirin berlinang dengan air mata haru. Kebayang, dengan bacaan semutqin itu, tentu diperlukan perjuangan yang bukan ala kadarnya, melainkan dengan segenap jiwa raga.

Acara ini, dihadiri pula oleh Ustadz DR. Abdul Rauf Haris, S.Sos., M.Pd.I selaku Ketua STIU WM yang turut mengisi sambutan Pembukaan Sidang Terbuka Senat STIU WM.

Beliau menjelaskan tentang pentingnya Al-Qur’an sebagai sumber ilmu dan petunjuk utama, beliau pun berterimakasih atas kerjasama yang baik antar semua elemen di STIU WM dan secara umum dalam Islamic Center Wadi Mubarak selama ini.

Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi di angkatan pertama ini diraih oleh Winnuriyah, mahasiswi dari program studi Ilmu Al Quran dan Tafsir dengan IPK 3,97.

Dalam memeriahkan acara ini, tampak juga deretan karangan bunga ucapan selamat dan sukses dari berbagai instansi dan mitra kerja, antara lain dari: Wakil Ketua MPR RI, H. Ahmad Muzani, Anggota DPR/MPR RI Drs. H. Mulyadi, M.M.A., PT. Nur Ramadhan Wisata, Bank Syari’ah Indonesia KCP Cisarua, Institut Agama Islam (IAI) Tazkia Bogor, PT Lantabur Wisata Utama dan lain sebagainya.

Berita oleh: Al.Choer
Editor: Tanti Ummu Fahdlan
Photografer: Teguh
Youtube live streaming: Tim IT WM

Advertisement
Artikulli paraprakHukum Seputar Bermakmum – Bagian 2
Artikulli tjetërMengikuti, Mendahului dan Tertinggal dari Imam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini