Pertemuan antar kelas atau Class Meeting adalah kegiatan ektrskurikuler, berupa interaksi siswa antar kelas yang biasa digelar usai ujian berlangsung. Ada banyak macam interaksi siswa di luar kelas yang digelar. Selain perlombaan yang biasa diadakan adalah Market Day, dimana kegiatan ini merupakan aktivitas pembelajaran entrepreneurship. Para siswa diajar untuk memasarkan produk kepada kawan sejawat, guru atau pihak lainnya.

Begitu pun Madrasah Ibtidaiyah Tahfizh Sahabat Qur’an (MIT SaQu) Wadi Mubarak, untuk menumbuhkan jiwa wirausaha siswa maka diadakan Market Day pada Kamis (24/06) kemarin.

Setelah muroja’ah harian di kelas masing-masing dan diberikan pengarahan tentang jual beli oleh para wali kelas, lalu berdoa sebelum memulai aktifitas. Siswa yang menjadi pedagang adalah seluruh siswa dari kelas 1 hingga kelas 5 yang berjumlah 40 siswa. Sedang pembelinya merupakan siswa Tahfizh Anak Usia Dini (TAUD) yang berjumlah 74 siswa.

Kegiatan yang berlangsung di teras kelas ini mendapat dukungan dari para pengajar baik dari MIT dan TAUD, dan dibatasi hanya kepada siswa dan pengajar saja. Hal ini untuk meminimalisir kerumunan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Selain dengan protokol kesehatan yang sudah dijalankan setiap hari, yaitu para siswa diwajibkan memakai masker, mencuci tangan saat datang dan menjaga jarak, para penghantar pun tidak diperbolehkan untuk masuk ke area sekolah.

“Sejak sedini mungkin para siswa kita perkenalkan dengan jiwa usaha dan kemandirian, agar kelak mereka tidak canggung jika terjun ke dunia usaha” demikian harapan Ustadzah Nadifah selaku ketua panitia di sela-sela kegiatan berlangsung.

(Al.Choer)

Artikel sebelumyaMadu Yaman Sumroh, Madu Berkualitas
Artikel berikutnyaSTIU Wadi Mubarak Menggelar Kuliah Umum bersama Wakil Ketua MPR RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here