Bagi para penghafal Al-Qur’an, selain kegiatan menghafal dan muroja’ah yaitu mengulang hafalannya agar semakin lancar. Ada lagi tahapan kegiatan yang tak kalah penting untuk menguji hafalan, yakni ujian Tasmi’ dan Lajnah.

Tasmi’ adalah memperdengarkan hafalan Al-Qur’an secara keseluruhan di hadapan penguji dalam waktu yang sudah ditentukan. Sedangkan Lajnah adalah ujian sambung ayat yang diberikan oleh penguji kepada peserta.

Kegiatan Tasmi’ dan Lajnah 30 Juz yang diadakan Islamic Center Wadi Mubarak tahun ini melibatkan 93 santri putra utusan dari 15 pondok cabang tingkat SMP, SMA dan Program Kaderisasi Muhaffizh.

Baca Juga:

Kegiatan yang digelar selama 1 pekan ini merupakan agenda rutin tahunan untuk seluruh santri pondok cabang Islamic Center Wadi Mubarak (ICWM). Para peserta Tasmi’ dan Lajnah 30 Juz akan diuji oleh 4 orang penguji, hal ini untuk menjaga kualitas hafalan santri pondok cabang sehingga sesuai dengan standar ICWM.

Dalam pembukaan kegiatan Tasmi’ dan Lajnah 30 Juz yang terbilang sederhana ini, Ustadz Rozuq Al-Qomar sebagai Wakil Ketua Yayasan Islamic Center Wadi Mubarak menyampaikan rasa bangga kepada seluruh peserta yang hadir karena sudah menyelesaikan target hafalannya.

Beliau juga mengingatkan ke seluruh peserta untuk fokus dan mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik fisik maupun pikiran untuk mengikuti ujian yang akan dimulai pada hari Ahad besok. Selain itu, beliau juga meminta peserta untuk mengurangi aktifitas yang bisa mempengaruhi kesehatan karena cuaca di puncak sekarang ini lebih dingin dari biasanya.

Baca Juga: Penganugerahan Sanad Qira’ah Islamic Center Wadi Mubarak

Tak lupa juga beliau mengingatkan peserta dalam mengkuti ujian ini diniatkan untuk ibadah kepada Allah ﷻ dan mendo’akan kesuksesan seluruh peserta agar mendapat hasil terbaik dalam ujian.

“Selain untuk menjaga kualitas alumni, kita juga berharap kegiatan ini bisa membentuk persaudaraan antar santri cabang yang notabene adalah santri Wadi Mubarak secara keseluruhan. Dengan bertemu kawan dan saudara baru, semoga dapat memotivasi para peserta untuk berkembang lebih baik lagi dalam hal kebajikan, fastabiqul khoirot.” Ujar Ketua panitia, Ustadz Tsabit Al-Jundi di akhir acara. [Al.Choer]


Advertisement
Artikulli paraprakKiat-Kiat Menjadi Ayah Teladan
Artikulli tjetërProgram Itqon 1 Tahun Intensif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini