Tiada pendidikan yang lebih utama untuk diprioritaskan, selain pendidikan yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits.
Al-Qur’an merupakan kitab suci terakhir yang diturunkan Allah subhanahu wata’ala. Ia adalah penyempurna bagi kita-kitab Allah yang pernah diturunkan sebelumnya. Ia merupakan sumber pokok ajaran Islam dan pedoman hidup umat
Islam. Dan di antara petunjuk Al-Qur’an bagi umat Islam yang berkenaan dengan pendidikan adalah pendidikan anak usia dini.

Hadits adalah segala perkataan, perbuatan, ketetapan maupun persetujuan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaih wasallam. Ia merupakan sumber hukum kedua dalam Islam.

Segala perbuatan yang dilakukan oleh Rasulullih shallallahu ‘alaih wasallam menjadi suri tauladan bagi umat manusia, termasuk dalam bidang pendidikan anak usia dini. Adalah Ibnu Abbas yang mendapat pendidikan langsung dari
manusia terbaik sedunia. Ia adalah salah satu dari para sahabat yang mendapat pendidikan langsung dari Sang Pendidik Agung, Rasulullah shallallahu ‘alaih wasallam sejak usianya masih dini. Sehingga ia tumbuh menjadi seorang muslim yang penuh inisiatif, haus ilmu, dekat dengan Allah dan Rasul-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here